Senin, 30 Maret 2009

cara membuat petis


Resep petis udang ini saya dapat dari mama dengan memanfaatkan kepala udang dan kulit udang yang biasanya terbuang. Dulu kalau memasak udang, supaya limbahnya tidak bau, saya merebus kepala udang dan kulitnya untuk mendapatkan kaldu udang. Ternyata limbah udang tersebut bisa juga dimanfaatkan menjadi sambal petis udang yang lezat. Jadi limbahnya hanya ampas sisa yang sudah tidak bau lagi. Dan tidak ada komplain deh dari tetangga soal bau sampah udang. Ini lho resepnya.

Petis Udang

Bahan :

Kepala udang, kulit udang, kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam, penyedap (jika suka), dan daun kunyit (ini yang bikin wangi dan sedap)

Cara membuat :

Cuci bersih kepala dan kulit udang. Lalu blender kepala udang dan kulit udang dengan air sedikit sampai halus. Kemudian disaring. Ampasnya diberi air lagi sedikit, peras lagi, terus diulang sampai air perasan jernih (mirip kalau kita memeras santan). Sisihkan.

Haluskan kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap. Sementara daun kunyit dirajang halus. Tumis bumbu halus dan daun kunyit sampai harum, tambahkan air perasan udang tadi, masak sampai kental.

4 komentar:

  1. Kok tidak mengental ya uda sampai air habis?
    Adanya cuma gumpalan2 diatas air saja?

    BalasHapus
  2. mungkin harus ditambah tepung beras atau air tajin dulu ya, supaya bisa mengental ......

    BalasHapus
  3. Tambahkan gula merah sedikit.
    Supaya mengental.

    BalasHapus
  4. harusnya pakai gula merah atau gula pasir juga gpp
    http://bit.ly/1noIA8N

    BalasHapus